Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
Ribuan Obat Kuat Ilegal Disita di Bali, Kuda Arab sampai Africa Black
CNN INDONESIA   | Mei 9, 2024
40   0    0    0
Denpasar, CNN Indonesia --
Ribuan kotak obat kuat ilegal disita Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar, Bali.
Obat penambah vitalitas pria yang ilegal ini disita dari seorang pria berinisial SU (39) di rumahnya di kawasan Denpasar Barat, Kota Denpasar, pada Selasa (7/5) kemarin.
Sementara, SU yang merupakan warga Denpasar, langsung ditangkap petugas BPOM Denpasar bersama pihak kepolisian saat melakukan operasi obat kuat ilegal tersebut.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
"Ini hasil penindakan kita kemarin. Kita temukan produk-produk obat tradisional yang ilegal, baik itu karena dia mengandung bahan kimia obat," kata Plh Kepala BPOM Denpasar, I Wayan Eka Ratnata, di Kantor BPOM Denpasar, Rabu (8/5).
"Rencananya hari ini yang bersangkutan kita titipkan penahanan di Polda Bali. Jadi itu, upaya yang kita lakukan dalam langka melindungi ke masyarakat," imbuhnya.
Selain obat kuat, petugas juga mendapatkan kemasan jamu kesehatan yang ilegal dan totalnya seluruhnya ada 3.799 kotak dari 44 merk.
Kemasannya mulai dari sirup, kapsul atau tablet, hingga serbuk. Barang yang disita kebanyakan adalah obat kuat untuk pria.
Obat tradisional atau obat bahan alam illegal ini, diketahui memiliki nomor izin edar fiktif dan taksiran nilai seluruhnya mencapai Rp241 juta (Rp241.499.000).
Dia mengatakan dari pemeriksaan sementara diketahui SU telah menjual obat-obatan ilegal itu selama dua tahun.
"Nomor izin edarnya ada tetapi itu fiktif. Produk-produk ini ditengarai mengandung bahan kimia obat, di dalam aturan obat tradisional tidak boleh mengandung bahan kimia obat. Karena, bahan kimia obat dosisnya tidak terkontrol sehingga bagi yang mengkonsumsi itu tentunya akan merusak organ-organ tubuh kita, terutama jantung, ginjal dan hati," kata Wayan Eka.
Wayan Eka mengatakan sejauh ini SU mengaku obat-obatan ilegal itu didapatkan atau dibeli secara online. Namun, untuk di mana SU mendapatkan barang tersebut dan tempat produksi obat kuat ilegal masih dilakukan pendalaman.
SU sendiri dikenal sehari-hari sebagai pedagang jamu di Denpasar Barat.
"Kita masih mendalami kemudian ada pengembangan sumbernya atau kemana dia mengedarkan kita masih dalami. Dia mengaku mengedarkan secara online hampir ke semua daerah jadi tidak hanya di Bali, termasuk ke luar Bali juga," ujarnya.
"Produksinya kita belum tahu ini tempatnya kita masih dalami. Kita proses penyidikan, ini akan menjadi barang bukti yang kita limpahkan ke kejaksaan. Dan barang ini, kebanyakan adalah obat-obatan penambah stamina laki-laki," lanjutnya.
Sementara, barang bukti yang disita atau obat kuat yang disita bermerk sebagai berikut:
1. Montalin sebanyak 1.256 kotak, Urat Madu obat kuat dan tahan lama sebanyak 155 kotak dan Urat Madu Black ada 265 kotak dari Pabrik PJ. Air Madu Magelang.
2. Guci Emas, pegal linu asam urat ada 133 kotak dan merk King Jantan, Kopi Kuat sebanyak 61 kotak 
3. Cobra X, obat kuat & tahan lama 157 kotak
4. Mahkota Raga, asam urat & nyeri tulang 137 kotak.
5. Obat Kuat Africa Black Ant ada 270 kotak
6.Kopi Gali-Gali, minuman stamina ada 275 kotak
7. Obat Kuat Ramuan Pak Kumis ada 27 botol
8. Teken Simbah obat kuat khusus pria dewasa 12 kotak dan Vitalinu, pegel linu dan nyeri otot 12 kotak, Wantong pegal linu 82 kotak, dan Buah Dewa Asam Urat dan pegal linu 95 kotak, Teken Simbah obat kuat 71 kotak
9. Urat Seribu, khusus pria dewasa 12 kotak
10. Tawon ada 49 kotak
11. Kuda Arab, kapsul kuat dan tahan lama 100 kotak
12. Raja Muda, kapsul 14 kotak dan Raja Muda Serbuk 14 kotak
13.Bintang Dua Purba Salam, rematik nyeri tulang 48 kotak dan Bintang Dua Mustika Dewa 85 kotak, Bintang Dua Purba Salam, sesak nafas dan batuk pilek 22 kotak, Bintang dua Purba Salam, asam urat & pegal linu 14 kotak
14. Mallboro, khusus pria dewasa 2 kotak
15.Cobra-X, Gatal-gatal (Eksim) 29 kotak
16. Puncak Rasa, obat kuat dan tahan lama 1 kotak
17. Super Kecetit asam urat 45 bungkus
18. Sari Binahong pegal linu asam urat 40 saset
19. Raja Kakatua, sakit gigi dan gusi 20 saset
20. Sakit Gigi dan Gusi Pak Tani 37 saset 
21. Spider (Laba -Laba) 7 kotak
22. Pil Anti Sakit Gigi Pak Tani 3 bungkus
23. Urat seribu, Kapsul khusus pria dewasa 12 kotak
24. Greeng Jos Pak De 8 kotak
25. Ranjang Sultan 8 kotak.
(kdf/kid)
komentar
Jadi yg pertama suka