Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
Nasaruddin: Paus Fransiskus Akan Kunjungi Terowongan Istiqlal-Katedral
CNN INDONESIA   | September 4, 2024
12   0    0    0
Jakarta, CNN Indonesia --
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pemimpin gereja Katolik dunia Paus Fransiskus berkeinginan mengunjungi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Jakarta pada Kamis (5/9) besok.
"Masya Allah, Paus akan berkunjung ke tunnel. Karena ini kan terowongan toleransi pertama di dunia ya, dan lengkap dengan simbol-simbolnya yang sangat artistik, beliau sangat terkesan ingin mengunjungi," kata Nasaruddin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Nasaruddin menyebut akan ada pertemuan khusus antara Paus dengan dirinya dan beberapa pemuka agama lain. Rencana pertemuan itu pun menurutnya akan membahas banyak hal, dengan poin utama terkait perdamaian.
Menurutnya, tema-tema perdamaian dan toleransi itu juga menjadi isu sentral yang ia ikuti. Ia juga menyinggung ada aspek-aspek besar universal keagamaan yang melekat pada Paus, yang tidak jauh dari visi mayoritas umat Islam.
"Karena kita punya concern yang sama. Karena Paus ini kan sangat unik ya, jadi memihak kepada kelompok-kelompok yg tertindas ya, kelompok-kelompok yang termarjinalkan, kelompok-kelompok fakir miskin," ujarnya.
Paus Fransiskus melakukan kunjungan apostolik di Indonesia yang dimulai pada Selasa (3/9) hingga Jumat (6/9) mendatang.
Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Ia berikutnya akan melawat ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.
Ini merupakan kunjungan Paus ke RI yang pertama dalam 35 tahun setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989 silam. Kedatangan Paus Fransiskus pun begitu dinanti-nanti, terutama oleh umat Katolik Indonesia.
(khr/fra)
komentar
Jadi yg pertama suka