Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Ekonomi & Bisnis
LRT Jakarta Fase 1B Siap Test Track
TEMPO BISNIS   | September 30, 2024
6   0    0    0
INFO BISNIS - Proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B terus  menunjukkan progres signifikan. Hingga pekan ketiga September 2024, progres  konstruksi berhasil mencapai 29,17 persen. Salah satu milestone penting yang tengah  dipersiapkan adalah test track atau uji coba jalur dari Stasiun Velodrome, yang dijadwalkan pada 30 September 2024.  
Uji coba ini akan menandai langkah penting dalam memasuki fase lanjutan proyek,  yaitu pengecekan jalur yang telah dibangun. Sebelum uji coba dilakukan, PT  Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) bersama KSO (PT Waskita Karya Tbk,  PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System) akan memastikan kesiapan  infrastruktur, termasuk jalur, pekerjaan track, serta perangkat pendukung  operasional lainnya. Semua persiapan ini dirancang untuk memastikan keamanan  dan kelancaran uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B.  
Sebagai bagian dari persiapan ini, setelah semua pemeriksaan rampung, akan  dilakukan pemindahan peron operasional LRT Fase 1A di Stasiun Velodrome dari  sisi barat ke sisi timur. Langkah ini bertujuan untuk menyelaraskan operasional  LRT Jakarta dalam jangka panjang.  
Setelah persiapan tersebut selesai, uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B akan  dilakukan menggunakan Kereta Luar Biasa, serta dilanjutkan dengan uji coba  menggunakan MRV (Maintenance Rail Vehicle) dan 1 rangkaian LRV (Light Rail  Vehicle).  
Pencapaian pembangunan lintasan sepanjang 1,2 km dari Velodrome hingga  Rawamangun, dari target 6,4 km rute Velodrome-Manggarai ini mencerminkan  komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mempercepat realisasi  transportasi massal yang modern, efisien, dan ramah lingkungan bagi warga  Jakarta.  
Iklan
Proyek LRT Jakarta Fase 1B sendiri dikerjakan dari dua sisi: zona Velodrome – Pramuka dan zona Pramuka – Manggarai. Pembangunan jalur ini bertujuan untuk  mendukung Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral transportasi Jakarta.  Dengan tersambungnya rute Velodrome–Manggarai, LRT Jakarta diharapkan  dapat menjadi solusi efektif dalam mengurangi kemacetan dan mendorong  penggunaan transportasi publik di Jakarta.  
Direktur Teknik dan  Pengembangan Jakpro Group Dian Takdir, mengatakan optimis akan hasil uji coba LRT Jakarta fase 1B. Dirinya mengharap dukungan dari  masyarakat dan semua pihak dapat terus berlanjut hingga proyek tersebut siap melayani  warga Jakarta dengan lebih baik. 
"Kami optimis dan sangat fokus pada setiap detail persiapan untuk memastikan uji coba ini  berjalan lancar dan sesuai standar keselamatan yang tinggi. Proses ini adalah  wujud komitmen Jakpro dalam mewujudkan transportasi publik yang modern dan  aman bagi masyarakat Jakarta," kata Dian Takdir. (*) 
komentar
Jadi yg pertama suka