Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
BNPB: Halmahera Utara Banjir, 748 Rumah Warga Terdampak
CNN INDONESIA   | 6 jam yang lalu
2   0    0    0
Jakarta, CNN Indonesia --
Banjir melanda Halmahera Utara, Maluku Utara, pada Jumat (4/10). Sebanyak 748 rumah warga tergenang dengan ketinggian air mencapai 80 cm.
Dilansir Antara, Minggu (6/10), Pusdalops BNPB mencatat sebanyak 748 unit rumah yang tergenang itu di lima desa Kecamatan Kao Barat.
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan pada Minggu ini, banjir mulai surut. Warga mulai membersihkan rumah mereka dari sisa-sisa kotoran.
"Sudah surut dari sebelumnya mencapai 80 sentimeter," kata Abdul.
Ia menjelaskan saat ini sedang bergotong-royong membersihkan sampah pasir, tanah, ranting pohon yang mengendap mengotori rumah dan lingkungan pemukiman penduduk.
Petugas BNPB mengkonfirmasi tidak ada korban jiwa dan kerusakan yang berarti akibat bencana ini. Adapun banjir disebabkan hujan lebat dan diperparah dengan luapan Sungai Waulamo, salah satu sungai terbesar di Halmahera Utara.
Abdul menuturkan personel gabungan dibantu pegawai kecamatan dan kelurahan disiagakan di lokasi untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan.
Hal ini sebagaimana peringatan dini dari BMKG bahwa Provinsi Maluku Utara masih berpotensi terjadi hujan lebat dengan status waspada.
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat juga menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan para korban dengan jumlah proporsional.
(tsa)
komentar
Jadi yg pertama suka