Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
70 Hakim Mogok Sidang, PN Surabaya Minta Maaf
CNN INDONESIA   | 9 jam yang lalu
1   0    0    0
Surabaya, CNN Indonesia --
Sebanyak 70 hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya melakukan aksi mogok kerja. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas atas gerakan menuntut kesejahteraan gaji dan tunjangan.
Humas PN Surabaya Alex Adam Faisal membenarkan adanya aksi mogok sidang para hakim ini. Pihaknya juga mendukung gerakan tersebut.
"Menyikapi adanya dari solidaritas hakim yang menuntut kesejahteraan, PN Surabaya khususnya hakim-hakim disini pada dasarnya mendukung gerakan tersebut," kata Alex, Senin (7/10).
Alex menjelaskan sekitar 50 hingga 70 hakim menunda persidangan, sebagaimana di dalam anjuran yang disampaikan gerakan tersebut.
Alex menerangkan ada tiga pilihan bagi hakim yang mogok. Yang pertama ialah cuti, kedua mengosongkan jadwal sidang, sedangkan yang ketiga adalah menunda sidang.
Meski demikian, sejumlah hakim tetap menggelar sidang terbatas, yakni sidang yang masa tahanannya hendak habis, sidang yang tak bisa ditunda. Pelayanan masyarakat juga tetap dilakukan.
"Total hakim kurang lebih 50-70 hakim, yang ikut hampir rata-rata ikut semua. Kita semua mengikuti tapi sidang-sidang terbatas, masa tahanan habis dan yang tidak bisa ditunda kami laksanakan, pelayanan terhadap masyarakat juga," ucapnya.
Ia tak menyebut berapa lama para hakim ini akan mogok sidang. PN Surabaya pun meminta maaf bila sejumlah persidangan jadi tertunda sementara.
"Mohon maaf, banyak sidang yang mengalami penundaan karena sikap kami yang mendukung gerakan solidaritas para hakim seluruh Indonesia," pungkasnya.
(frd/isn)
komentar
Jadi yg pertama suka