Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
KPU Bakal Gelar Debat Pilgub Bali November, Dipusatkan di Denpasar
CNN INDONESIA   | 9 jam yang lalu
3   0    0    0
Denpasar, CNN Indonesia --
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menyiapkan enam materi tema debat dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali di Pilkada 2024 dan nantinya akan dilakukan tiga kali debat pada November mendatang.
Semuanya akan digelar di Denpasar selaku ibu kota provinsi Bali.
Komisioner KPU Bali I Gede Jhon Darmawan mengatakan ada enam tema yang telah disiapkan KPU Bali, dan nantinya akan dilakukan debat selama tiga kali. Lalu, dalam satu kali debat ada dua materi tema yang akan dibahas oleh para kandidat calon yang maju di Pilgub Bali.
"Tema sudah ada nanti tiga kali debat. Karena tiga kali debat nanti ada dua tema dalam sekali debat," kata Jhon saat dihubungi, Senin (7/10).
Sementara, untuk debat Pilgub rencananya akan digelar pada November 2024. Tiga ajang debat pilgub itu ditempatkan atau dipusatkan di Kota Denpasar, dan tidak berpindah-pindah ke kabupaten-kabupaten di Bali.
"Awal debat rencananya dimulai tanggal 23 Oktober 2024, dan tadi ada wacana karena terlalu mepet makanya kita akan mundur. Kayaknya diambil di Bulan November 2024 semua. Tempatnya berpusat di Denpasar, tidak berpindah-pindah," kata Jhon.
Kemudian, untuk skema debat di Pilgub Bali hingga saat ini masih dirancang dan untuk gagasan awal memang konsepnya menyerupai paruman di desa adat Bali sebagai bentuk kearifan lokal Bali.
"Skema debat masih belum dan masih dirancang. (Kalau konsep Paruman ) itu baru gagasan yang coba kita sampaikan tetapi nanti kita lihat perkembangan terakhir, nanti seperti apa," ungkapnya.
Ia menyebutkan, untuk enam tema debat itu tentu salah satunya menekankan isu lokal atau domestik yang disinkronisasi ke pembangunan pusat nasional hingga daerah. Nantinya diperdebatkan di debat tahap kedua.
*Proses debat ini kan penajaman visi-misi mereka yang bisa langsung disaksikan oleh masyarakat. Yang nanti, dipertajam juga oleh para panelis lewat pertanyaan-pertanyaan, yang juga nanti adu program dan misi antara kedua pasangan calon," ujar John.
Kemudian, untuk enam tema debat untuk di Pilgub Bali yang disiapkan KPU Bali adalah:
1.Meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
2. Memajukan daerah
3. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
4. Menyelesaikan persoalan daerah
5. Menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional.
6. Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.
Pada Pilgub Bali 2024 diikuti dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Bali. Mereka adalah paslon cagub-cawagub I Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-Pas) nomor urut 1 dan paslon cagub-cawagub Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) dengan nomor urut 2.
(kdf/kid)
komentar
Jadi yg pertama suka