Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
Sandra Dewi Dipanggil Jadi Saksi di Sidang Kasus Timah Lusa
CNN INDONESIA   | 7 jam yang lalu
2   0    0    0
Jakarta, CNN Indonesia --
Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal menghadirkan istri terdakwa Harvey MoeisSandra Dewi sebagai saksi dalam sidang kasus korupsi tata niaga timah di wilayah IUP PT Timah Tbk tahun 2015-2022.
"Iya rencananya begitu (Sandra Dewi dihadirkan sebagai saksi)," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Harli Siregar kepada wartawan, Selasa (8/10).
Harli mengatakan pemanggilan terhadap Sandra Dewi itu akan dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk sidang terdakwa Harvey Moeis pada Kamis (10/10) besok.
"Rencananya (pemanggilan Sandra Dewi) untuk hari Kamis 10 Oktober 2024," tuturnya.
Dalam kasus ini, Kejagung telah menetapkan total 23 orang sebagai tersangka korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah. Mulai dari Direktur Utama PT Timah 2016-2021, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani hingga Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin.
Kejagung menyebut berdasarkan hasil perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) nilai kerugian keuangan negara dalam kasus tersebut mencapai Rp300,003 triliun.
Rinciannya yakni kelebihan bayar harga sewa smelter oleh PT Timah sebesar Rp2,85 triliun, pembayaran biji timah ilegal oleh PT Timah kepada mitra dengan sebesar Rp26,649 triliun dan nilai kerusakan ekologis sebesar Rp271,6 triliun.
Di sisi lain, Jaksa Penuntut Umum (JPU) membeberkan dugaan aliran dana kasus korupsi timah dari Harvey telah mengalir untuk kepentingan pribadi Sandra Dewi.
Rinciannya, 88 tas mewah dengan sejumlah merek yaitu Louis Vuitton, Herme, Chanel, Dior, Gucci hingga Loewe. Enam dari tas tersebut masih belum dipastikan keasliannya.
Kemudian, pembayaran cicilan dan pelunasan rumah serta dibelikan bangunan di The Pakubuwono House, Town House F RT 3 RW 1 Kel. Gunung Kec Kebayoran Baru Kota Jakarta Selatan atas nama Sandra Dewi.
Adapun, Harvey juga turut membelanjakan Sandra Dewi sejumlah 141 perhiasan dengan berbagai macam bentuk mulai dari, anting, gelang hingga kalung.
(tfq/DAL)
komentar
Jadi yg pertama suka