Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
Hanura: Paman Bobby Tak Diminta Persetujuan Gabung Tim Pemenangan Edy
CNN INDONESIA   | 9 jam yang lalu
6   0    0    0
Jakarta, CNN Indonesia --
DPD Partai Hanura mempermasalahkan masuknya nama Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura, Herry Lontung Siregar, dalam tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 02, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala, pada Pilgub Sumut 2024.
Wakil Ketua DPD Partai Hanura, Novan Efendy Siregar, mengatakan nama Herry Lontung sengaja dicatut sebab tanpa adanya pemberitahuan.
"Ada yang mencatut dan mencomot nama Pak Herry Lontung Siregar tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan," kata Novan Efendy Siregar kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (5/10).
Novan menyebut penggunaan nama Herry Lontung Siregar hingga saat ini tidak ada koordinasi dan tidak ada izin. Padahal menurut dia nama-nama yang masuk tim kampanye mesti mendapatkan persetujuan dari orangnya langsung.
"Dari DPP dan DPD tidak ada menyodorkan nama Pak Herry. Saya tanya langsung Sutrisno Pangaribuan (jubir Edy) soal masuknya nama Pak Herry. Tapi alasannya itu langsung dari tim DPD Hanura Sumut. Padahal kami tidak ada yang mengusulkan nama itu," urainya.
Novan menambahkan Herry Lontung sebenarnya tidak mempermasalahkan namanya masuk dalam tim kampanye Edy-Hasan. Hanya saja secara etika, semestinya harus mendapatkan persetujuan dari orangnya langsung.
"Pak Harry menghubungi saya langsung dia minta tolong diklarifikasi. Yang kita permasalahkan, ini soal etika. Dia (Herry) enggak ada masalah nama dia di sana, tapi harusnya kan diklarifikasi dulu, dipertanyakan dulu. Ini dicatut-catut saja," papar dia.
Novan menilai masuknya nama Herry Lontung Siregar dalam tim pemenangan Edy-Hasan seolah-olah untuk dibenturkan dengan lawannya, paslon nomor urut 01 Bobby Nasution-Surya. Herry Lontung Siregar merupakan paman Bobby.
"Ini dikait-kaitkan dia karena pamannya Bobby. Jadi mau dibenturkan lah antara keluarga dan politik. Itu yang dia (Herry) tak suka," tegasnya.
Sebagai pendukung Edy-Hasan, Novan memastikan bahwa Partai Hanura profesional.
"Kami juga di Hanura profesional. Kalau secara partai pastilah mendukung. Tapi soal nama Pak Herry Lontung Siregar tidak ada izin dan koordinasi," ungkap Novan.
Paslon Edy-Hasan diusung PDI Perjuangan, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Buruh dan Partai Kebangkintan Nusantara (PKN).
Sedangkan paslon Bobby-Surya didukung 10 partai politik yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PKB, PSI, PPP, Nasdem dan Perindo.
(fnr/fea)
komentar
Jadi yg pertama suka