Cari Berita
Tips : hindari kata umum dan gunakan double-quote untuk kata kunci yang fix, contoh "sakura"
Maksimal 1 tahun yang lalu
Tanah Air
Momen Rektor Unair Tanya AHY saat Ujian: Mau Pilih Jadi Menteri Apa?
CNN INDONESIA   | 8 jam yang lalu
4   0    0    0
Surabaya, CNN Indonesia --
Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku siap jika ia dipercaya menjadi menteri di kebinet Presiden terpilih RI 2024-2029, Prabowo Subianto.
Hal itu AHY saat menjawab pertanyaan Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih saat Ujian Doktor Terbuka pada Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (7/10).
"Pertanyaannya adalah ringan saja, saya yakin promovendus (AHY) mampu menjawab. Kalau saudara promovendus diberi kebebasan memilih, saudara akan memilih menjadi menteri apa? Silakan," kata Nasih.
Hal itu dikatakan Nasih usai melontarkan tanggapan soal disertasi AHY. Di sidang terbuka itu, dia sendiri bertugas menjadi pimpinan sidang sekaligus penyanggah tersebut. Sontak pertanyaan Nasih itu memicu gelak tawa hadirin yang berada di ruangan.
"Ini kalau dijawab keluar dari sini sidang demosi bukan promosi. Terima kasih, pak rektor, saya izin menjawab yang lain dulu," kata AHY sambil tersenyum lebar.
Usai menanggapi pernyataan Nasih, AHY mengaku tidak bisa menjawab pertanyaan soal jabatan menteri itu. Sebab, kata dia, penunjukan menteri merupakan hak prerogatif presiden.
"Yang terakhir, kalau ditanya, tentu saya tidak bisa menjawab, mohon maaf sekali. Kecuali ini saya tidak bisa menjawab, karena memang ini sudah menjadi tabiat, bukan hanya secara terbuka, secara tertutup saja kalau ditanya pasti saya akan mengembalikan kepada yang memberikan tugas. Karena itu adalah hak prerogatif seorang presiden," ucap AHY.
AHY kemudian membuat sebuah analogi. Ia menyebut ditunjuk sebagai menteri sama seperti bertugas sebagai prajurit tentara. Mereka harus siap saat diterjunkan di manapun dan kapanpun.
"Tugas kita, ini berlaku nih banyak kawan-kawan di tentara, siap menjalankan tugas, siap, di mana saja, asal tidak jauh dari Monas," canda AHY.
Secara prinsip, AHY mengaku siap bila ditunjuk kembali sebagai menteri. Ia terang-terangan ingin mengambil peran di kabinet, di manapun posisinya.
"Tapi prinsipnya dimana saja, karena semua orang punya value, setiap orang punya peran, saya dan yang lainnya semua pasti ingin menjadi bagian dari peran itu. Mudah-mudahan itu bisa kita wujudkan bersama. Jadi dimana pun kami siap dan harus siap," pungkas AHY.
AHY pada akhirnya dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude dalam Ujian Doktor Terbuka pada Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
(frd/DAL)
komentar
Jadi yg pertama suka